5/15/2013

Artikel



Ragam Gerak Tari Tradisional Jawa Tengah

Tarian Jawa Tengah, banyak berkiblat pada tarian keraton, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Namun, diantara dua keratin tersebut, terdapat perbedaan yang sangat mendasar, yaitu  di Surakarta geraknya dinamis dan lebih komunikatif , sedangkan di Yogyakarta ragam geraknya memiliki kesan  kaku, angkuh, namun berwibawa. Baik tarian Surakarta maupun Yogyakarta dapat ditarikan secara individu, berpasangan maupun kelompok. Musik pengiring tarianpun sama, yaitu gamelan khas dengan gong serta kenong sebagai penentu gerakan. Tarian banyak mengambil cuplikan adegan wayang.
Contoh : Tari serimpi
1.      Tari Serimpi Cina
Salah satu jenis tari putri klasik di Istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ada kekhususan pada tari Serimpi cina, yaitu busana para penari menyesuaikan dengan pakaian cina.
2.      Tari Serimpi Pistol
Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII. Kekhususan tarian ini terletak pada properti yang digunakan yaitu pistol.
3.      Tari Serimpi Padhelori
Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VI dan VII. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa pistol dan cundrik. Membawakan cerita petikan dari “Menak”, ialah perang tanding Dewi Sirtu Pelaeli dan dewi Sudarawerti, sebagaimana dikisahkan dalam syair vokalianya. Tari Serimpi Padhelori mempergunakan lagu pengiring utama Gending Pandhelori.
4.      Tari Serimpi Merak Kasimpir
Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa pistol dan jemparing. Gending yang dipergunakan untuk mengiringi tari Serimpi Merak Kasimpir adalah Gending Merak Kasimpir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar