KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II SD
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kurikulum : KTSP
Kelas : III
Alokasi
waktu :
Jumlah
soal : 35 Butir
Bentuk
soal : 1. Pilihan Ganda : 20 Butir
2. Isian : 10 Butir
3. Uraian :
5 Butir
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO. BUTIR SOAL
|
1.
2.
|
Memahami cerita dan teks drama anak yang di lisankan
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk dengan bertelepon dan bercerita
|
1.
Member tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang di
dengarkan
2.
Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan
mengungkapkan kalimat yang ringkas
|
Cerita pengalaman
Teks percakapan
|
§
Siswa dapat menyebutkan judul bacaan di atas
§
Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
§
Siswa dapat menyebutkan mata pencaharian penduduk desa
§
Siswa dapat menjelaskan jasa seorang petani
§
Siswa dapat menyebutkan alat komunikasi jarak jauh
§
Siswa dapat menyebutkan petunjuk telepon yang benar
§
Siswa dapat melakukan percakapan melalui telepon
|
1
2,3
4
5,6
7
8
9,10,11
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO. BUTIR SOAL
|
3.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
bentuk karangan sederhana dan puisi
|
3.
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
§
Siswa dapat menyebutkan macam-macam alat komunikasi
§
Siswa dapat menjawab pertanyaan yang ada hubungannya dengan puisi
§
Siswa dapat menjelaskan penggunaan kata depan yang benar
§
Siswa dapat menjelaskan penggunaan-penggunaan tanda titik (.)
§
Siswa dapat menjelaskan pemakaian huruf capital yang terdapat pada
kalimat
§
Siswa dapat menyebutkan penggunaan tanda baca pada kalimat
§
Siswa dapat menggunakan kata depan dari pada di pergunakan untuk
pembanding
§
Siswa dapat menyebutkan cara membaca nyaring
§
Siswa dapat menjelaskan kalimat Tanya yang menanyakan tentang waktu
|
12
13,14,15
16
17
18
19,20
21
22
23
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO. BUTIR SOAL
|
4.
5.
|
Memahami
cerita dan teks drama anak yang di lisankan
Memahami teks
dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
|
4.
Member tanggapan sederhana
tentang cerita pengalaman teman yang di dengarnya
5.
Melakukan percakapan melalui
telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat yang ringkas
6. Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Cerita
pengalaman
Percakapan
Puisi anak
|
§
Siswa dapat menjelaskan kalimat
Tanya yang menanyakan tentang tempat
§
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan menggunakan kata Tanya mengapa
§
Siswa dapat melengkapi kalimat
§
Siswa dapat menyebutkan
karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, dan kejadian
§
Siswa dapat member contoh
kalimat yang dipakai pembicaraan melalui telepon
§
Siswa dapat menjelaskan
petunjuk bertelepon yang benar
§
Siswa dapat melengkapi puisi
dengan pilihan kata yang menarik
§
Siswa dapat menyebutkan tempat
wisata yang pernah di kunjungi
§
Siswa dapat membuat kalimat
dari tiap-tiap gambar sehingga menggambarkan cerita yang utuh
|
24
25
26,27
28
29,30
31,32
33
34
35
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar